Friday, May 22, 2015

Rencana Pemlaksanaan Pembelajaran Matematika ( RPP )



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Sekolah                       : SMA Muhammadiyah Kutoarjo
Kelas/Semester          : X-A
Mata Pelajaran          : Matematika
Pokok Bahasan         : Geometri Bangun Ruang
Alokasi waktu            : 2 x 45

Standar Kompetensi
1.    Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga.

Kompotensi Dasar
6.1.Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga.

Indikator
1.      Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang..

Alokasi Waktu
2 X 45 menit

A.      Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menyebutkan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam bangun ruang.
2.    Siswa dapat menghitung nilai luas permukaan dan volume bangun ruang.
3.    Siswa mengetahui proyeksi suatu titik, garis, dan bidang dalam bangun ruang.
4.    Siswa dapat menggambar bidang frontal, garis frontal, bidang ortogonal, garis ortogonal, suduk surut dan perbandingan proyeksi dalam bangun ruang.


B.       Materi pembelajaran
1.      Titik, garis, dan bidang
a.       Sebuah titik hanya dapat ditentukan oleh letaknya, tapi tidak mempunyai ukuran (dikatakan tidak berdimensi).
b.      Sebuah garis (dimaksudkan adalah garis lurus) dapat diperpanjang sekehendak kita. Garis hanya mempunyai ukuran panjang, tapi tidak mempunyai ukuran lebar. Nama dari sebuah garis dapat ditentukan dengan menyebutkan nama wakil garis itu dengan memakai huruf kecil g, h, i, atau menyebut nama segmen garis dari titik pangkal ke titik ujung (AB).
c.       Bidang (dimaksudkan adalah bidang datar) dapat diperluas tapi pada umumnya bidang hanya dilukis sebagian saja sebagai wakil bidang. Bidang memiliki dua ukuran panjang dan lebar. Nama bidang ditulis dengan huruf Romawi α, β, γ, dan δ atau ditulis setiap segmennya  (ABCD)
2.      Kedudukan titik, garis, dan bidang pada bangun ruang.
a.       Titik terletak pada garis.
Jika titik A dilalui oleh garis g, maka titik A dikatakan terletakpada garis g.
b.      Titik di luar garis.
Jika titik B tidak dilalui oleh garis g, maka titik B dikatakan berada di luar garis g.
g
A

B
 



c.       Titik terletak pada bidang.
Jika titik A dapat dilalui oleh bidang α, maka dikatakan titik A terletak pada bidang α.
d.      Titik di luar bidang.
Jika titik B tidak dapat dilalui oleh bidang β, maka dikatakan titik B berada di luar bidang β.

C.      Model dan metode pembelajaran
Model       : Model pembelajaran berbasis komputer.
Metode     : Ekspositori dan Demonstrasi.

D.      Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam.
2. Guru memandu siswa untuk berdoa sebelum pelajaran.
3. Guru mengecek kehadiran siswa.
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
15 menit
Inti
1. Eksplorasi
a. Guru memperkenalkan diri kepada siswa.
b. Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan apa yang dimaksud dengan titik, garis, dan bidang.
2. Elaborasi
a. Guru mendemonstrasikan media pembelajaran.
b. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah.
3. Konfirmasi
Guru memberikan no ID pada siswa mencoba media yang diberikan guru.
60 menit
Penutup
1. Guru menyuruh siswa untuk mengejakan tugas melalui media Online.
2. Tugas di media sebagai PR siswa.
3. Guru mengakhiri kegiatan dengan salam.
15 menit

E.       Alat/Media dan sumber pembelajaran
Alat          : Komputer, proyektor, dan speaker
Sumber     : Buku matematika SMA kelas X,  dan www.quipperschool.com

F.       Penilaian
Terlampir di akhir siklus I.


Purworejo, 25 April 2015
Guru Mata pelajaran


Mukhtarom, S.Pd
NUPTK: 2450747650200023




Guru Praktek


Sugiarto
NIM: 112144357
Kepala Sekolah


Sumarmi, S.Pd
NIP: 196407021986012002

0 komentar:

Post a Comment