RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMA Muhammadiyah Kutoarjo
Kelas/Semester : X-A
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Geometri
Bangun Ruang
Alokasi waktu : 2 x 45
Standar Kompetensi
1. Menentukan kedudukan, jarak, dan besar
sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga.
Kompotensi Dasar
6.1.Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis,
dan bidang dalam ruang dimensi tiga.
Indikator
1. Menentukan kedudukan titik, garis, dan
bidang dalam ruang..
Alokasi Waktu
2 X 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menyebutkan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam bangun ruang.
2.
Siswa
dapat menghitung nilai luas permukaan dan volume bangun ruang.
3.
Siswa
mengetahui proyeksi suatu titik, garis, dan bidang dalam bangun ruang.
4. Siswa dapat menggambar bidang frontal,
garis frontal, bidang ortogonal, garis ortogonal, suduk surut dan perbandingan
proyeksi dalam bangun ruang.
B. Materi pembelajaran
1. Titik, garis, dan bidang
a. Sebuah titik hanya dapat ditentukan oleh
letaknya, tapi tidak mempunyai ukuran (dikatakan tidak berdimensi).
b. Sebuah garis (dimaksudkan adalah garis
lurus) dapat diperpanjang sekehendak kita. Garis hanya mempunyai ukuran
panjang, tapi tidak mempunyai ukuran lebar. Nama dari sebuah garis dapat
ditentukan dengan menyebutkan nama wakil garis itu dengan memakai huruf kecil g, h, i, atau menyebut nama segmen garis
dari titik pangkal ke titik ujung (AB).
c. Bidang (dimaksudkan adalah bidang datar)
dapat diperluas tapi pada umumnya bidang hanya dilukis sebagian saja sebagai
wakil bidang. Bidang memiliki dua ukuran panjang dan lebar. Nama bidang ditulis
dengan huruf Romawi α, β, γ, dan δ atau ditulis setiap segmennya (ABCD)
2. Kedudukan titik, garis, dan bidang pada
bangun ruang.
a. Titik terletak pada garis.
Jika titik A dilalui oleh garis g,
maka titik A dikatakan terletakpada garis g.
b. Titik di luar garis.
Jika titik B tidak dilalui oleh garis g,
maka titik B dikatakan berada di luar garis g.
g
|
A
|
B
|
c. Titik terletak pada bidang.
Jika titik A dapat dilalui oleh bidang α,
maka dikatakan titik A terletak pada bidang α.
d. Titik di luar bidang.
Jika titik B tidak dapat dilalui oleh bidang β, maka dikatakan titik B berada di luar bidang β.
C.
Model dan metode pembelajaran
Model : Model pembelajaran
berbasis komputer.
Metode : Ekspositori dan
Demonstrasi.
D.
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka
pelajaran dengan mengucap salam.
2. Guru memandu siswa
untuk berdoa sebelum pelajaran.
3. Guru mengecek
kehadiran siswa.
4. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
15 menit
|
Inti
|
1. Eksplorasi
a. Guru memperkenalkan diri kepada siswa.
b. Guru mengarahkan siswa untuk menyebutkan apa
yang dimaksud dengan titik, garis, dan bidang.
2. Elaborasi
a. Guru mendemonstrasikan media pembelajaran.
b. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan
menggunakan metode ceramah.
3. Konfirmasi
Guru memberikan no ID pada siswa mencoba media yang diberikan guru.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Guru menyuruh siswa untuk mengejakan tugas
melalui media Online.
2. Tugas di media sebagai PR siswa.
3. Guru mengakhiri kegiatan dengan salam.
|
15 menit
|
E.
Alat/Media dan sumber pembelajaran
Alat : Komputer, proyektor,
dan speaker
Sumber : Buku matematika SMA kelas
X, dan www.quipperschool.com
F.
Penilaian
Terlampir di akhir siklus I.
Purworejo, 25 April 2015
|
||
Guru Mata pelajaran
Mukhtarom, S.Pd
NUPTK: 2450747650200023
|
Guru Praktek
Sugiarto
NIM: 112144357 |
|
Kepala Sekolah
Sumarmi, S.Pd
NIP: 196407021986012002
|
0 komentar:
Post a Comment