Thursday, May 14, 2015

Matematika dan Perkembangan Teknologi di Indosesia



Matematika adalah cabang ilmu yang mempelajari benda yang abstrak. Matematika identik dengan pemikiran dan ide-ide gagasan. Matematika juga disebut dengan ilmu simbol, karena dalam pembelajaran matematika benda-benda yang ada dalam matematika selalu diwakili dengan bahasa simbol. Dengan menggunakan bahasa simbol, bertujuan agar benda-benda dalam matematika dapat diwakili.
Dalam penyampaian materi matematika, banyak yang menggunakan media sebagai alat bantu untuk mengilustrasikan benda-benda yang terdapat dalam pelajaran matematika. Media tersebut bertujuan untuk memudahkan suatu proses pembelajaran matematika.

Tapi tahukah anda, semakin majunya teknologi dan perkembangan zaman membuat pengajar untuk membuat suatu pelajaran agar mudah disampaikan dan tepat. Dalam hal ini, guru dituntut untu menjadi pengajar yang kreatif dan inovatif dalam penyampaian materi pembelajaran kususnya dalam pembelajaran matematika.
Dengan perkembangan teknologi, banyak sekali yang menggunakan media pembelajaran. Tapi sayangnya, hal itu hanya dapat dinikmati di daerah tertentu saja. Hal tersebut karena, pertumbuhan sarana dan prasarana tidak merata di negara kita Indonesia. Lebih miris lagi, jika seorang pengajar yang tinggal di daerah yang sudah dibilang maju tapi tidak memanfaatkan dengan maksimal. Hal tersebut merupakan hal yang sangat disayangkan.
 Alasan yang mendasar kenapa di daerah maju tidak menggunakan teknologi sebagai  media pengajaran sebagai berikut:
1. Kurangnya pengetahuan bagi pengajar tentang teknologi.
2. Anggapan bahwa mengajar dengan menggunakan teknologi membutukan persiapan yang banyak dan matang, berbeda dengan model konfesional.
Tai jika setiap pengajar mampu berinovasi dengan teknologi, maka suatu pengajaran akan lebih maju.
By : Sugiarto


0 komentar:

Post a Comment