Wednesday, February 21, 2018

Sejarah Singkat Kerajaan Sriwijaya dan Era Bajak Laut



Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan Budha yang didirikan sejaka abad ke-7 Masehi dan berpusat di muara sungai Musi, Palembang.. Hal ini diperkuat dengan adanya bukti prasasti Kedukan Bukit di Palembang (682). Kerajaan Sriwijaya ini menjadi kerajaan yang kuat di Pulau Sumatera. Mengenai penamaannya, kata Sriwijaya ini berasal dari bahasa Sansekerta “Sri” dengan arti “bercahaya” dan “Wijaya” artinya “kemenangan”. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa kerajaan ini adalah kemenangan yang gemilang atau bercahaya.
1.       Sriwijaya sebagai kerajaan maritime

Sriwijaya menjadi kerajaan maritin karena memiliki armada laut yang kuat dan tangguh, sehingga sriwijaya masih menguasai lautan dan member jaminan jalur pelayaran dan nelayang yangyang melintas di daerah sriwijaya atau selat malaka.
2.       Sriwijaya sebagai pusat perdagangan
Sriwijaya terletap pada jalur pelayaran india dan cina sehingga setiap kapal yang ingin menujuh india dari cina otomatid melalui sriwijaya begitu juga sebaliknya. Kapal-kapal yang melalui sriwijaya akan membayar pajak sebagai pendapatan sriwijaya dan sriwijaya menamin keselamatan kapal-kapal yang melintas dari serangan bajak laut mugiwara ruffi… kwkwkw.

0 komentar:

Post a Comment