Friday, March 6, 2015

Pengamatan pada Penelitian PTK



Pengamatan beRalah dari kata amat, dengan imbuhan pe- dan –an. Pengamatan mempunyai arti pengawasan terhadap  perbuatan (kegiatan, keadaan) orang lain; perbuatan mengamati dengan penuh. Pengamatan dilakukan untuk mengamati setiap kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya.
Pengamatan dalam suatu penelitian dibagi menjadi dua jenis yaitu pengamatan langsung dan tidak langsung. Pengamatan langsung dilakukan dengan mengamati langsung dengan pada saat proses itu terjadi dan sedangkan pengamatan tidak langsung dilakukan di luar kegiatan itu. Pengamatan tidak langsung dapat dilakukan dengan proses wawancara maupun dengan bantuan CCTV.
Pengamatan dilakukan sebagai proses pengumpulan data. Setelah data dianalisis sedemikian rupa untuk mengetahui kesimpulan dalam proses yang telah dilakukan. Pengamatan adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan dalam suatu penelitian, dikarenakan pengamatan sebagai sealah satu proses pengambilan data.

jika suatu penelitian kususnya PTK tidak dilakukan pengamatan makan itu bukan penelitian PTK. Hal tersebut dikarenakan pada penelitian PKT terdiri dari beberapa tahapan, salah satunya adalah pengamatan. Dalam penelitian PTK terdapat istilah siklus, siklus adalah proses yang dilakukan dalam satuan periode tertentu.

0 komentar:

Post a Comment