Saturday, March 15, 2014

Makalah Kondisi Pasar Persaingan Sempurna

  1. A.    Latar Belakang

Pasar terbentuk dari produsen-produsen kecil dan konsumen-konsumen kecil dalam jumlah tidak tertentu. Kebebasan untuk keluar-masuk, untuk memilih teknologi dan cara-cara produksi serta kebebasan untuk mendapatkan informasi, semuanya dijamin oleh pemerintah.
Interaksi seluruh produsen dan seluruh konsumen di pasarlah yang akan menentukan harga pasar, dan seorang produsen hanya menerima saja harga yang sudah ditentukan tersebut. Hal ini, berarti berapapun banyak barang yang diproduksi dan dijual tidak akan dapat mengubah harga yang ditentukan di pasar, karena jumlah yang diproduksi itu hanya sebagian kecil saja dari jumlah yang diperjualbelikan di pasar. Pada pasar ini permintaan dan penawaran bergerak secara leluasa. Karena dalam pasar ini terdapat penjual dan pembeli. Sehingga harga yang terbentuk dikarenakan keinginan produsen dan konsumen. Karena permintaan mencerminkan konsumen dan penawaran mencerminkan produsen.
Jika dipasar terdapat produk-produk sejenis yang berbeda tipe dan semuanya sama-sama mendapatkan permintaan pasokan yang tinggi dari setiap konsumennya, produsen pun berusaha memenuhi setiap permintaan dari konsumennya. Sehingga tidak ada yang menjadi pangsa pasar di pasar tersebut. Hal inilah yang disebut dengan pasar persaingan sempurna, karena setiap produsen sama-sama mendapatkan permintaan yang tinggi atas produknya masing-masing.
 B.     RUMUSAN MASALAH


  • Apa pengertian pasar persaingan sempurna?
  •  Apa saja ciri-ciri pasar persaingan sempuna?
  •  Bagaimana memaksimumkan keuntungan jangka pendek?
  •  Bagaimana memaksimumkan keuntungan jangka panjang?
  • Apa saja kelebihan dan kelemahan pasar persaingan sempurna?
untuk selengkapnya bisa didownload disini


0 komentar:

Post a Comment