Saturday, October 17, 2015

Sejarah Singkat Kerajaan Majapahit


Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan hindu yang cukup terkenal. Pendiri kerajaan Majapahit adalah Raden Wijaya. Kerajaan Majapahit terletak di hutan Tarik dekat Delta sungai Brantas (Jatim), dan mencapai keemasan sewaktu dipimpin Hayam Wuruk.
1.      Berdirinya kerajaan Majapahit
Pada tahun 1292, kerajaan Singosari diserang Jayakatwang (dari kediri), akibatnya raja Kartanegara gugur dan Raden Wijaya  (Penguasa Singosari) bersama istrinya berhasil meloloskan diri. Raden Wijaya meminta bantuan kepada Wiraraja dan atas usulnya ia diminta berpura-pura mengabdi kepada Jayakatwang dan ia memperoleh hutan tarik. Dengan bantuan para pengikutnya dibangunlah hutan tarik dan salah seorang di antara merekan mendapat buah maja yang rasanya pahit dan kemudian kerajaan itu dinamakan Majapahit.

Suatu ketika datang tentara dari Cina utusan Kubilai Khan untuk menghukum Raja Kartanegara yang telah menghina utusan Kubilah Kha. Tetapi Kartanegara sudah meninggal. Kesempatan ini digunakan Raden Wijaya untuk balas dedam kepada Jayakatwang dan iia bergabung dengan tentara Cina, akhirnya Jayakatwang dan pengikutnya gugur dalam medan perang. Kemudian Raden Wijaya mengatur siasat baru untuk mengusir tentara Cina dengan pesan perayaan kemenangan dan tentara Cina terlena dan mabuk-mabukan, kemudian dibunuh oleh pasukan Raden Wijaya. Tahun 1294 Raden Wijaya naik tahta, sehingga Raja Majapahit yang pertama, dengan gelar Kertarajasa Jayawardana.
2.      Majapahit di bawah pemerintahan Hayam Wuruk
Pada tahun 1350, Tribuwanatunggadewi menyerakan kekuasaan kepada putranya Hayam Wuruk yang baru berusia 16 tahun. Setelah naik tahta, Hayam Wuruk bergelar Rajasanegara. Wilayah kekuasaan Majapahit hampir seluruh wilayah Nusantara ditambah Tumasik (Singapura) dan Semenanjung Melayu. Hubungan persahabatan dengan nergara lain (Muangthai, Myanmar,  Kamboja, India dan Cina berjalan dengan baik . Masa Hayam Muruk inilah Majapahit mencapai puncak kejayaan.
3.      Keruntuhan Majapahit
Majapahit runtuh dikarenakan oleh peperangan saudara pada abad ke-15 dan juga berkembangnya kerajaan bercorak Islam.

0 komentar:

Post a Comment