Wednesday, October 21, 2015

Buaya-buaya Muara Meresakan Warga Desa Candirejo, Kecamatan Ayah, Kebumen





Buaya yang tinggal di muara sungai Bodo di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen mulai mengancam kecemasan warga yang tinggal di dekat aliran muara sungai. Beberapa warga pun sempat diserang oleh buaya tersebut. Kepala  Desa Candirenggo, Kabupaten Ayah mengatakan, kawanan buaya muara tersebut mulai mendekati permukiman warga sejak 3 pekan lalu. Kawanan yang mulainya hanya terlihat di sekitar muara, kini muali masuk ke anak-anak sungai yang dekat dengan permukiman warga.

“Saya melihat sendiri ada tiga ekor buaya masing-masing sepanjang dua meter. Ada satu buaya yang cukup besar yang dekat dengan daratan du Dusun Teba, dekat dengan perkampungan,”Kata Adi. Dia juga meminta Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam serta Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kebumen untuk memindahkan buaya-buaya itu dari sekitaran perkampungan warga.
Sejak kemunculan buaya di aliran anak Sungai Bodo, warga di anjurkan untuk tidak mendekati sungai. Ali Hasan (36) mengatakan, temannya pernah dikejar salah satu buaya saat dirinya hendak mengambil kail memancing yang tersangkut di dasar sungai. Beruntung sempat menyelamatkan diri dengan kembali ke daratan. Menurut dia, buaya penghuni sungai yang bermuara di pantai Logendeng itu mulai agresif sejak ada beberapa pemancingan yang menggagu buaya-buaya tersebut.
“Kelihatanmnya, ada bekas luka si badan buaya tersebut, mungkin buaya tersebut terusik oleh pemancing yang menggagu buaya. Padahal sebelum hal tersebut tidak ada kejadian seperti itu” kata Hasan.

0 komentar:

Post a Comment