Tuesday, September 8, 2020

Sejarah Virus Dan Mafaat Bagi Manusia

 

Sejarah Virus Dan Mafaat Bagi Manusia. Virus “corona” yang membuat guncang dunia meperingatkan kita untuk selalu jaga kebersihan. Taapi kali ini kita bukan untuk membahas tetang virus Corona, melaikan sejarah awal mulanya penelitian tetang Virus itu sendiri.

Dikelas 10 (X) tetunya kita akan diajari tetang sejarah awal penelitian virus. Pada awalnya Virus diteliti pada awal tahun 1632 oleh Antony van Leeuwenhoek. Awalnya Antony meneliti tentang mikroorganisme. Pada abad ke-19 penelitian penyakit yang disebabkan oleh virus ditujukan pada materi yang terkandung pada virus tersebut. Penyakit yang ditimbulkan virus membuat para ilmuan mulai meneliti virus tersebut.

Pada umumnya kita mengenal bahwa virus merupakan mikroorganisme yang menyebabkan penyakit baik bagi hewan, manusia maupun tumbuhan. Sehingga virus dijadikan oleh manusia dengan istilah “makhluk kasap mata yang merugikan”.

Virus tidak dapat dilihat dengan mata telajang, sehingga kita perlu menggunakan alat khusus untuk melihatnya seperti microscope. Hal ini lah yang menyebabkan virus disebut makhluk kasap mata.

Selain menjadi suatu penyakit, virus juga bermafaat bagi kehidupan manusia. Salah satu maafaat virus adala mencega suatu penyakit. Dengan menjadikan menjadi vaksin dari virus yang sudah dilemahkan ataupun dinonaktifkan.

Vaksin berasal dari virus yang dilemakan. Vaksin yang sudah dilemahkan akan disuntukan ketubuh manusia sehingga tubuh akan bereaksi untuk menhasilkan antibodi atau zat lain yang membuat tubuh kebal terhadap penyakit. Vaksin dibuat oleh orang akhli virus sehingga tidak sembarangan orang bisa membuat vaksin. Selasin menjadi vaksin, virus juga bisa digunakan untuk membasmi hama secara biologis.

Itulah sejarah penelitian virus dan mafaat bagi kehidupan manusia. Semoga bermafaat, dan selalu jaga kebersihan agar kita terhindar dari penyakit.

0 komentar:

Post a Comment