Friday, July 27, 2018

Pengertian Ilmu Ekonomi Berdasarkan Pendapat Para Ahli



Berbicara dengan kata EKONOMI, tentunya semua sudah tau dengan kata tersebut. Namun, bebrapa orang hanya tau namanya saja, akan tetapi dengan artinya masih terbilang samar-samar. Untuk lebih jelas tentang kata ekonomi, tentunya banyak para akhli yang menjelaskan panjang lebar.
Kata ekonomi berassal dari bahasa yunani, yautu oikonomia  yang memiliki arti manajemen rumah tangga. Asal katanya berasal dari kata oikos (keluarga atau rumah tangga), dan nomos (peraturan atau hukum). Jika digabungkkan, oikonomia mempunyai arti aturan masyarakat sebagai hukum kordrat yang menetapkan runa tangga yang baik.
Ekonomi berkaitan dengan rumah tangga, jadi tidak heran jika ibu kalian selalu berhati-hati dalam membeli barang.  Ibu kalian mengatur keuangan rumah tangganya, dengan menggunakan dana yang terbatas dan hati-hati dalam membelanjakan uangnya. Sehingga, ibu kalian secara langsung telah melakukan kegiatan Ekonomi.
Singkat cerita, ibu kalian telah menjadi pelaku Ekonomi. Dari pandangan tersebuutlah istilah Ekonomi dikembangkan. Pemikiran ekonomi terus dikembangkan sehingga muncul devinisi baru tentang Ekonomi. Para akhi pun menyimulkan pengertian ekonomi sebagai berikut.
1.       Adam Smit mengungkapkan bahwa ekonomi merupakan penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara. (ditulis dalam buku karangan Jain dan Khanna 2006)
2.       J. B. Say menyatakan bahwa ekonomi sebagai suatu kejadian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan. (Jain dan Khanna,2006)
3.       Menurut    J.   S. Mill, ekonomi adalah ilmu praktis tentang produksi  dan distribusi kekayaan. (Jain dan Khanna, 2006)

4.       Alfred Marshall mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang umat manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian dan penggunaaan kesejahteraan material. (Alfred Marshall, 2012)
5.       Penson, ekonomi  adalah ilmu kesejateraan material (Jain dan Ohri, 2010). Pendapat ini pendapat yang paling dari beberapa pendapat lain.
6.       Lionel Robbins mengatakan bahwa ekonomi adalah ilmu yang mepelajari perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan dan sarana yang langka yang mempunyai banyak alternatif kegunaan (Robbins, 2007). Pertama kali membaca nama tersebut, dalam pikiran saya beruba ke dunia bolla.
7.       Richad G. Lipsey mengukapkan, ekonomi merupakan ilmu yang mepelajari pemafaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas (Lipsey, Ragan, dan Storer, 2007). Pendapat ini seakan-akan manusia merupakan makhluk yang tidak akan perna puas dengan segalanya.

0 komentar:

Post a Comment