Tuesday, July 31, 2018

Pengertian Biologi Sebagai Sains

Banyak orang yang menganggap sains dan biologi itu sama, namun hakekatnya bsedikit berbeda. Dalam segi bahasan, biologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Sedangkan sains merupakan pengetahuan, dikutip dari buku karangan (Irnaningtyas, 2013) kata sains berasal dari kata lating scinentia yang artinya pengetahuan.
Sains merujuk pada sistem untuk mendapatkan pengetahuan melalui pengamatan dan eksperimen serta berbagai bidang ilmu yang bersifat ilmiah. Dengan pernayatan tersebut dapat disimpulkan bahwa biologi adalah bagian dari sains.
Ilmu sains, biasa di bagi menjadi dua yaitu ilmu sains dan ilmu sains sosial. Dalam ilmu sains tentunya memiliki karakter sebagai berikut.

1.       Rasional,  artinya sains merupakan hasil kegiatan berpikir secara logis menggunakan nalar yang hasinya dapat diterima nalar manusia. Dalam pengertian ini, sains bisa dipikir secara logika bukan takhayur ataupun mitos.
2.       Objektif, artinya sains merupakan kebenaran berdasarkan data-data yang ada dat tampa adanya perngaruh atau pendapat pribadi.
3.       Empiris, artinya sains dapat dibuktikan dengan pengamatan dan eksperimen.
4.       Akumulasi¸ sains dapat dibentuk berdasarkan teori lama yang disempurnakan, ditambah, atau diperbaiki sehingga semakin sempurna.

0 komentar:

Post a Comment