Thursday, January 7, 2016

Proses Perumusan dan Lahirnya Pancasila



Ingatkah kalian tentang proses perumusan  dan lahirnya Pancasila? Masih ingat siapa yang membuat Pancasila tidak? Dan masih ingat juga tidak, pada waktu kelas berapa kita pertama kali mempelajari hal tersebut? Tepat sekali, jawabnya pada saat kita kelas 6 SD semester I. Mari kita ulas kembali materi kita saat SD untuk mengingat kembali pelajaran dan menambah wawasan.
Pelajaran kita awali dengan siapa yang membentuk Pancasila. Pancasila dibentuk oleh organisasi yang bernama Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, disingkat dengan nama (BPUPKI) panjang sekali namanya bukan.
BPUPKI dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945, apakah teman-teman sudah lahir di masa itu atau tanggal lahir kalian ada yang sama? Sudah kita lanjut saja, BPUPKI diketuai oleh Dr. Rajiman Widyodiningrat dan BPUPKI bertugas menyelidiki dan mempelajari hal-hal penting mengenai masalah tata pemerintahan  dan pembentukan Indonesia merdeka. Peresmian dan pelantikan pengurus PBUPKI dilakukan pada tanggal 28 Mei 1945. Ayo tebak, dari pembetikan sampai pelantikan BPUPKI selisih berapa hari ?
Sidang pertama PBUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juli 1945. Sidang 5 hari, itu buat kemerdekaan Indonesia low masa setelah merdeka kalian cuma malas-malasan. Sidang pertama membahas usaha-usaha untuk merumuskan dasar negara bagi negara Indonesia merdeka.
Para peserta sidang pertama BPUPKI diliputi dengan segala kesungguhan dan didorong oleh semangat untuk merdeka, mampu menghasilkan usaha-usaha berupa gagasan dasar negara. Gagasan dasar negara tersebut disampaikan oleh Ir. Sukarno, Mr. Mohammad Yamin, dan Dr. Supomo.
Gagasan Mr. Mohammad Yamin yang diusulkan pada tanggal 29 Mei 1945 adalah sebagai berikut.

1.      Peri Kebangsaan
2.      Peri Kemanusiaan
3.      Peri Ketuhanan
4.      Peri Kerakyatan
5.      Kesejahteraan Rakyat
Kemudian gagasan Dr. Supomo yang diusulkan pada tanggal 31 Mei 1945 adalah sebagai berikut
1.      Persatuan
2.      Kekeluargaan
3.      Mufakat dan Demokrasi
4.      Musyawarah
5.      Keadilan
Gagasan Ir. Soekarno yang diusulkan pada tanggal 1 Juni 1945 adalah sebagai berikut.
1.      kebangsaan Indonesia
2.      internasionalisme atau Peri Kemanusiaan
3.      Mufakat atau Demokrasi
4.      Kesejahteraan Sosial
5.      Ketuhanan yang Maha Esa
Ir. Seokarno kemudian memberi nama Pancasila atau lima asas yang diusulkannya. Itulah mengapa tanggal 1 Juni 1945 dikenal sebagai lahirnya Pancasila. Usulan Ir. Soekarno diterima baik oleh BPUPKI dengan beberapa usulan perbaikan.
Begitulah ceritanya secara singkat, untuk selanjutnya dibahas pertemuan selanjutnya. Semoga dengan cerita di atas bisa mengulang pelajaran dan menambah wawasan tentas sejara kemerdekaan Indonesia. Terimakasi telah berkunjung di blog saya.

0 komentar:

Post a Comment