Monday, January 11, 2016

Mengenal Tokoh Pahlawan Haji Agus Salim

Kalian kenal tidak dengan sosok Masyhudul Haq, tidak ya. Kalau Haji Agus Salim pastinya kalian sangat kenal dan sering terdengar di telinga kalian padahal Masyhudul Haq itu adalah Haji Agus Salim. MasyhuduL Haq lebih populer dipanggil Haji Agus Salim.
Kita akan mengulas sedikit tentang Haji Agus Salim, dia dilahirkan pada tanggal 8 Oktober 1884 di kota Gadang, Sumatera Barat. Dia dibesarkan di lingkungan keluarga muslim yang taat beribadah. Setelah menamatkan sekolah tingkat SMA, Haji Agus Salim diangkat menjadi Ketua Pratai Serikat Islam Indonesia (PSII) menggantikan H. O. S. Cokroaminoto. Pada tahun 1929, ia juga diangkat sebagai penasihat teknis delegasi Serikat Buru Negeri Belanda ke konferensi kaum buruh Internasional di Jenewa, Swiss. Hanya itu saja, ia juga mahir berpidato berbahasa Prancil dengan fasih sehingga para delegasi menjadi kagum sekaligus menaikan nama Indonesia.

Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Haji Agus Salim duduk sebagai anggota dalam Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jasanya sangat berpengaruh bagi kemerdekaan Indonesia, sungguh terlalu jika kalian tidak mengenalnya.

0 komentar:

Post a Comment