Thursday, December 10, 2015

Putri "Nenek Rudi"



Awal cerita dari pagi yang tak begitu cerah. Awan mendung dan udara dingin di waktu pagi itu membuat gue sulit untuk bangkit dari tidurku, bangkit dari rasa dingin yang menusuk sampai tulang rusuk gue. Tapi hal tersebut bukan suatu alasan untuk tidak bangun dari tidur gue, dikarenakan ada sesosok makhluk yang sering membangunkan gue dari tidur.
“Rudi tangi, wes usuk. Koe arep sekolah pora??”(maaf bahasan percakapan gue dan nenek gue masiH menggunakan bahasa Jawa, karena gue dan nenek gue tinggal di Jawa).

“ora mbah, saiki dino minggu” membuat suatu kebohongan agar nenek gue percaya saja.
“ngawur, sekolah nganah. Ben koe pinter, ben besok dadi wong sugeh”
“lah, ra sekolah ben bisa dadi wong sugeh”
“dasar ngeyel ki bocah, makat ora?”
“sangune set ya mbah, kulo mangkat”
“dasar wedus duiten”itu ejekan bagi gue yang pemalas).”iyo.... saiki adus anjur makat sekoha. Mengko tak kei duet”
“awas yaa... ngloboni meneng”
Gue merupakan anak yang bandel dan nakal di waktu gue masih kecil, di seluruh desa pun tahu kalau gue ini anak yang nakal. Banyak warga desa yang membenci gue saat gue kecil.
Sesudah mandi dan berpakaian rapi ala gue, langsung mencari nenek untuk meminta uang. Kalau tidak cepat-cepat, keburu nenek mempunyai alasan untuk tidak memberi gue uang saku.
“mbah, wes adu ki, di duite... “ berteriak di dalam rumah yang sempit, membuat nada teriakan gue menggema.
“iya, ki nyah” suara luar rumah, pun terdengar di dalam rumah. “simbah neng ngarep”
berlari menujuh ke luar rumah, ‘mana mbah”
“nyah, jo lali dicelengi”
“masa lingangatus di celengi”
“sengpenti udu akeh he duite sengpenting mafaate........... bla....bla....bla....bla”
Seperti biasa, nenek gue membuka kuntum dengan bahasa yang sulit untuk dimengerti. Sebelum telinga gue semakin panas, langsung cabut saja.


Cerita sebelumnya.....                                                                                            Cerita sebelumnya......

0 komentar:

Post a Comment