Sasaran pendidikan
adalah manusia. Pendidikan bermaksud membantu peserta didik untuk
menumbuhkembangankan potensi-potensi kemanusiaannya. Potensi kemanusiaan
merupakan benih kemungkinan untuk menjadi manusia.
Tugas seorang pendidik
hanya mungkin dilakukan dengan benar dan tepat tujuan. Jika pendidik memiliki
gambaran yang jelas tentang siapa manusia itu sebenarnya, maka manusia memiliki ciri khas yang secara
prinsipil berbeda terbentuk dari kumpulan terpadu (integrated) yang hanya
dimiliki manusia dan tidak terdapat pada hewan yang disebut sifat hakikat
manusia.
Pemahaman pendidik
terhadap sifat hakikat manusia akan
membentuk peta tentang karakteristik manusia. Peta ini akan menjadi landasan
serta memberikan acuan baginya dalam sikap, menyusun strategi, metode dan
teknis serta memilih pendekatan orientasi dalam merancang dan melaksanakan
komunikasi transaksi sional didalam intraksi edukatif.
Dengan kata lain,
denagan menggunakan peta tersebut sebagai acuan seorang pendidik tidak mudah
terkecoh kedalam bentuk-bentuk transaksional yang patalogis dan berakibat
merugikan subjek pendidik.Selengkapnya download disini
0 komentar:
Post a Comment