Sunday, November 8, 2015

Hakikat Manusia dan Perkembangannya Sesuai Dengan Dasar-Dasar Islami dan Nilai Islami



Sasaran pendidikan adalah manusia. Pendidikan bermaksud membantu peserta didik untuk menumbuhkembangankan potensi-potensi kemanusiaannya. Potensi kemanusiaan merupakan benih kemungkinan untuk menjadi manusia.
Tugas seorang pendidik hanya mungkin dilakukan dengan benar dan tepat tujuan. Jika pendidik memiliki gambaran yang jelas tentang siapa manusia itu sebenarnya, maka  manusia memiliki ciri khas yang secara prinsipil berbeda terbentuk dari kumpulan terpadu (integrated) yang hanya dimiliki manusia dan tidak terdapat pada hewan yang disebut sifat hakikat manusia.

Pemahaman pendidik terhadap sifat hakikat manusia  akan membentuk peta tentang karakteristik manusia. Peta ini akan menjadi landasan serta memberikan acuan baginya dalam sikap, menyusun strategi, metode dan teknis serta memilih pendekatan orientasi dalam merancang dan melaksanakan komunikasi transaksi sional didalam intraksi edukatif.
Dengan kata lain, denagan menggunakan peta tersebut sebagai acuan seorang pendidik tidak mudah terkecoh kedalam bentuk-bentuk transaksional yang patalogis dan berakibat merugikan subjek pendidik.

Selengkapnya download disini

0 komentar:

Post a Comment