Wednesday, July 29, 2015

Kehidupan Tidak Seindah yang Kita Bayangkan



Pernahkah anda berpikir bahwa hidup ini sangat sulit untuk dilalui. Terkadang banyak sekali cobaan yang berat sehingga membuat kita tidak bisa melalui hidup ini. Apapun yang kita coba, terasa hanya sebuah perbuatan yang sia-sia. Hal inilah yang membuat kita merasa bahwa hidup ini sangat sulit untuk kita yang hanya sebagai manusia lebah. Seakan-akan kita tidak berdaya menghadapi kehidupan ini. Terus apa yang kita butuhkan untuk menjadikan kita kuat untuk menghadapi asamnya kehidupan?

Sering kita mengeluh dengan keadaan ini. Bercerita kepada seseorang agar orang memberikan jawaban dari penderitaan yang tak kian berakhir, tapi apa daya. Semakin banyaknya kesulitan yang kita amali, justru membuat orang tersebut ikut dalam penderitaan yang kita rasakan.
Sempatkah kita berpikir bahwa hanya kitakah yang mengalami sulitnya kehidupan. Jika kita lihat seseorang yang hidup dengan penuh tawa dan kebahagiaan, kita merasa bahwa hidup ini tidak adil bagi kita. Mereka yang berlimpah harta, mereka yang beristri banyak, mereka yang tidak terlilit hutang, dan mereka yang tidak tahu akan sebuah dosa terasa hidupnya sangatlah indah bagi mereka.
Kita hanya bisa melihat mereka bahagia, dan kita harus membelah hak mereka jika mereka mendapat masalah kehidupan. Apakah ketika kita menghadapi ujian kehidupan mereka ada untuk kita. Jika kita disuruh melindungi mereka, apakah kita pantas?
Kita sudah susah dengan kehidupan kita sendiri, kenapa harus membantu kehidupan orang lain dengan alasan kemanusiaan. Tapi apakah mereka tahu arti sebuah kemanusiaan, sudahlah abaikan saja mereka.
Jika kalian mendapat ujian kehidupan apa yang akan kalian lakukan, hanya bisa bilah “sabar, dan tabah” sajakah. Apakah itu solusi dari sebuah masalah, dengan itu apakah masalah akan berakhir. Tentunya tidak, justru dengan itu masalah akan semakin menumpuk dan tertimbun menjadi satu. Masalah yang semakin kian menumpukan akan kembali terulang dengan sendirinya dan kalian akan bilah “sabar dan tabah” lagi kah. Jika jalan ceritanya semacam ini, maka sudah dapat dipastikan semua akan selalu terusa berulang-ulang sampai kapan pun mungkin jika masalah tersebut akan kalian wariskan pada anak cucuk kalian. Apakah kalian tega mewariskan masalah pada anak cucu kalian, tentunya tidak bukan.
Hanya satu yang selalu kita inginkan ketika kita mendapat masalah, yaitu jawaban dari sebuah masalah itu agar masalah tersebut segera berakhir. Itu jawaban yang diinginkan setiap manusia, tapi kita tidak tahu apa jawaban itu. “Mungkin jawabannya ada di ujung langit” kata Goku.
Inilah kehidupan, selalu ada lika-liku yang harus kita lalui. Karena kehidupan tidak seindah yang kita bayangkan. Jika kita sudah berani hidup, maka kita juga harus berani menerima ujian kehidupan. Semoga saja masalah yang kita alami cepat mendapat kunci jawabannya, dan Allah memberikan kita kemudahan dalam menjalani kehidupan ini. Amiinnnn............

0 komentar:

Post a Comment