KONSEP-KONSEP
DASAR PENELITIAN PENDIDIKAN
A.
Pengertian
Metode Penelitian Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu
pilar kebangkitan suatu bangsa. Bahkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar
Tahun 1945, secara jelas Negara menjadikan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa
sebagai tujuan Negara. Melihat dari tujuan tersebut, pemerintah berkewajiban
untuk menyelenggarakan pendidikan dengan sebaik-baiknya. Usaha pemerintah ini,
di tahun 2003 diwujudkan dalam bentuk Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.
Selain membentuk suatu sistem pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan juga
harus dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang cukup efektif dalam
upaya peningkatan kualitas pendidikan adalah dilakukannya penelitian di bidang
pendidikan.
Penelitian merupakan suatu
kegiatan yang dilakukan secara sistematik dan teliti untuk mengetahui jawaban
serta mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapi. Cara untuk mengatahui
inilah yang selanjutnya disebut sebagai metode penelitian. Secara umum metode
penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan
dan kegunaan tertentu (Sugiyono, 2010: 3). Setiap penelitian mempunyai tujuan
dan kegunaan tertentu. Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam, yaitu yang
bersifat penemuan, pembuktian, dan pengembangan. Penelitian pendidikan yang
bersifat penemuan misalnya,
menemukan metode mengajar matematika yang efektif, efisien, dan menyenangkan,
media pendidikan, system evaluasi, criteria guru professional, dan lain-lain.
Penelitian bersifat mengembangkan
misalnya, mengembangkan metode mengajar yang telah ada sehingga menjadi lebih
efektif. Penelitian bersifat pembuktian misalnya,
membuktikan keragu-raguan terhadap metode mengajar yang diimpor dari luar
apakah efektif untuk di Indonesia atau tidak. download disini
0 komentar:
Post a Comment