Friday, October 17, 2014

Konsep-Konsep Dasar Penelitian Pendidikan


KONSEP-KONSEP DASAR PENELITIAN PENDIDIKAN
     A.    Pengertian Metode Penelitian Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu pilar kebangkitan suatu bangsa. Bahkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945, secara jelas Negara menjadikan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai tujuan Negara. Melihat dari tujuan tersebut, pemerintah berkewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan dengan sebaik-baiknya. Usaha pemerintah ini, di tahun 2003 diwujudkan dalam bentuk Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Selain membentuk suatu sistem pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan juga harus dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang cukup efektif dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan adalah dilakukannya penelitian di bidang pendidikan.

Penelitian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara sistematik dan teliti untuk mengetahui jawaban serta mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapi. Cara untuk mengatahui inilah yang selanjutnya disebut sebagai metode penelitian. Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu (Sugiyono, 2010: 3). Setiap penelitian mempunyai tujuan dan kegunaan tertentu. Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam, yaitu yang bersifat penemuan, pembuktian, dan pengembangan. Penelitian pendidikan yang bersifat penemuan misalnya, menemukan metode mengajar matematika yang efektif, efisien, dan menyenangkan, media pendidikan, system evaluasi, criteria guru professional, dan lain-lain. Penelitian bersifat mengembangkan misalnya, mengembangkan metode mengajar yang telah ada sehingga menjadi lebih efektif. Penelitian bersifat pembuktian misalnya, membuktikan keragu-raguan terhadap metode mengajar yang diimpor dari luar apakah efektif untuk di Indonesia atau tidak. download disini
 

0 komentar:

Post a Comment