RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK TKM Pertambangan
Kelas/Semester : X / 1(satu)
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Eksponen(Eksponen dan Logaritma)
Waktu/Perteman : 4 jam @ 45 menit(2 pertemuan)
Kelas/Semester : X / 1(satu)
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Eksponen(Eksponen dan Logaritma)
Waktu/Perteman : 4 jam @ 45 menit(2 pertemuan)
A.
Kompentesi
Inti SMK
Kelas X
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
motivasi internal, kemampuan
bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percayadiri,
dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi
berpikir dalam
memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan
masalah.
3.1 Memilih dan menerapkan
aturan eksponen
dan logaritmasesuai
dengan
karakteristik
permasalahan
yang akandiselesaikan dan
memeriksa kebenaran
langkah-langkahnya.
4.1
Menyajikan
masalah nyata menggunakan
operasi aljabar berupaeksponen
dan logaritma sertamenyelesaikannyamenggunakan
sifat-
sifat dan aturanyangtelah
terbukti kebenarannya.
C.
Tujuan
pembalajaran
Dalam
proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasi
melalui kegiatan di dalam kelas atau di luar kelas, siswa dapat
1. Membaca
ekspresi dan hasil operasi aljabar dari
eksponen dan logaritma.
2. Membuat
pertanyaan mengenai pengertian dan aturan dari hasil operasi aljabar eksponen
dan logaritma.
3. Menentukan unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma.
4. Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan aturan dari eksponen dan logaritma.
5. Menyampaikan
pengertian, aturan eksponen dan logaritma dan penerapannya dalam penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan eksponen dan
logaritma dengan lisan, dan tulisan.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Penerapan
fungsi exponen dan logaritma dalam kehidupan sehari-hari.
2. Pengertian
dan menemukan konsep eksponen.
3. Pembuktian
dan sifat-sifat eksponen.
E.
Model
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific).
Pembelajaran koperatif (cooperative
learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).
F. Media
Pembelajaran
·
White board
·
Spidol board maker
·
LCD Proyektor
·
Slide Presentasi
·
Netbook
G.
Sumber Belajar Siswa
1.
Buku guru.
2.
Dedi Heryadi. 2007. Modul Matematika. Jakarta: Yudhhistira
3.
Kusmantoro, dkk. 2004. Matematika Untuk SMK. Jakarta: Balai
Pustaka
4.
Media lain
pendukung pembelajaran.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama (2 jam pelajaran)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pertemuan dengan Doa
dan mengucap salam
2.
Cek Kehadiran
3.
Mengisi Buku Jurnal
4.
Mengisi Buku Agenda Guru
5.
Menjelaskan tujuan pembelajaran
yang akan dipelajari pada pertemuan kali ini
6.
Guru menjelaskan secara singkat
materi yang akan diajarkan.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru bertanya pengaruh eksponen
dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Guru membagi kelompok belajar yang
terdiri atas 3 siswa pada
tiap kelompok
3.
Siswa diberi masalah eksponen yang
bekaitan dengan kehidupan sehari-hari untuk didiskusikan kelompok (Lembqaar Kerja Siswa 1)
4.
Siswa berdiskusi untuk
menemukan prinsip dasar eksponen.
5.
Disaat siswa berdiskusi guru
mebinbing siswa.
Catatan :
Selama siswa bekerja dan melakukan kegiatan
berdiskusi kelompok, guru meperhatiakan sikap.
Membant/mebinbing siswa agar dapat
memahami apa yang maksud dalam isi soal/masalah.
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersiap untuk
mepersentasikan hasik diskusi pada pertemuan berikutnya.
2.
Guru memberi tugas tambahan
rumus-rumus pratis eksponen untuk dikerjakan dirumah.
3.
Guru menutup pertemuan dengan
memint maaf dan mengucap salam.
|
10 menit
|
2.
Pertemuan
Kedua (2 jam pelajaran)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pertemuan dengan Doa
dan mengucap salam
2.
Cek Kehadiran
3.
Mengisi Buku Jurnal
4.
Mengisi Buku Agenda Guru .
5.
Guru menjelaskan secara singkat
tetang kegiatan yang telah dilaksanakan pada pertemuan sebelumnya.
6.
Guru menanyakan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa mempersiapkan materi yang
akan dipresentasikan di depan kelas.
2.
Guru mengacak kelompok untuk maju
bepresentasi di depan kelas untuk mepersentasikan hasil dikusi pada pertemuan
kemarin.
3.
Disaat siswa presentasi, guru
menyuruh siswa lain untuk meperhatikan materi dengan seksakma.
4.
Siwa yang belum memahami materi,
diberikan kesempatan untuk bertanya.
5.
Guru menambahkan materi yang telah
dipresentsikan.
6.
Guru menjelaskan tugas yang
diberikan dirumah dan memberi soal latihan yang berkaitan dengan materi
eksponen.
Catatan :
Pada saat
siswa presentasi, suasana kelas kurang kudusif karena belum terbiasa dengan
model pembelajaran yang baru.
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberi kesimpulan tetang
materi yang telah didiskusikan
2.
Guru memberi tugas tambahan untuk
dikerjakan dirumah.
3.
Siswa disuruh mencari materi
sekilas tetang bentuk eksponen dan sifat-sifatnya dan akan dibahas
pada pertemuan berikutnya.
4.
Guru menutup pertemuan dengan
memint maaf dan mengucap salam.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
Hasil belajar
a.
Teknik
Penilaian :
Tertulis, dan
Tidak Tertulis (non tes)
b.
Prosedur Penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran eksponen.
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menemukan
rumus Operasi bentuk pangkat.
b. Menyajikan
hasil dan memecakan masalah operasi
eksponen.
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan hasil akhir
operasi eksponen.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu
maupun kelompok) dan saat diskusi
|
J.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar Siswa
Lampiran-lampiran:
-
Lembar pengamatan
melalui sikap
-
Lembar soal dan jawaban
tes kemampuan penguasaan materi
-
Lembar pengamatan
melalui keterampilan
Guru Pembimbing
ARIF BUDI
SETIAWAN
NPA:
|
Kebumen, 4 September 2014
Guru praktikan
SUGIARTO
NIM:112144357
|
Mengetahui,
Kepala SMK Taman Karya Madya
Pertambangan Kebumen
MUHADISIN,
M.Pd
NPA. 4602
|
0 komentar:
Post a Comment