Sunday, December 29, 2013

Contoh RPP SMA Kurikulum 2013 Kelas 10 Bahasa Indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 1 WONOSOBO

Mata Pelajaran
:
BAHASA INDONESIA

Kelas/Kompetensi Keahlian
:
X / SEMUA BIDANG KEAHLIAN

Semester
Materi Pokok
Pertemuan ke
:  
:
:
1
Gemar Meneroka Alam Semesta
5 ( 2 jam@ 45 menit)

Alokasi Waktu
:
10 jam @ 45 menit 

           
A.           Kompetensi inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan




B.            Kompetensi Dasar
3.1.Memahami struktur dan kaidah teks anekdot  baik melalui lisan maupun  tulisan
           4.1.Menginterpretasi makna teks anekdotbaik secara lisan maupun tulisan
3.2.Membandingkan teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
3.3.Menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
 4.3.Menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
3.4.Mengidentifikasi teks anekdot secara lisan maupun tulisan
4.4.Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
3.5.Mengevaluasi teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4.5.Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur   dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

C.           Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menentukan ciri-ciri teks laporan hasil observasi baik melalui lisan dan tulisan.
2.      Mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
3.      Menafsirkan isi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan dengan tepat.

D.Tujuan
1.      Setelah membaca contoh teks laporan hasil observasi dan mendiskusikannya, siswa dapat menentukan ciri-ciri teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan.
2.      Setelah berdiskusi dan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
3.      Setelah mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi, siswa dapat menafsirkan isi laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.

E.Materi Pembelajaran
1.      Puisi ”Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi”
2.      Teks ”Makhluk di Bumi Ini”
3.      Sinonim dan antonim
4.      Perubahan jenis kata
5.      Konjungsi
6.      Kompleksitas kalimat
7.      Teks ” Sistem Peredaran Darah Manusia”
8.      Teks ” Harimau”
9.      Teks ”Karbon”
10.  Teks ” Komodo”

F.Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran dengan pendekatan scientific dengan model pembelajaran discovery learning (penemuan).

G.Media Pembelajaran dan Sumber Belajar Siswa

1.      LCD Proyektor
2.      Slide Presentasi
3.      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
4.      Kamus Besar Bahasa Indonesia

H.KEGIATAN PEMBELAJARAN
           
PERTEMUAN I
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.         Doa dan Salam
2.          Guru memberikan motivasi 
15 menit
Inti
1.         Siswa membaca puisi yang berjudul “Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi”
2.         Siswa menjawab 6 pertanyaan secara lisan berkaitan dengan teks “ Makhluk di Bumi Ini”
3.         Siswa membaca dan memahami teks laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”
4.         Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa pada tiap kelompok, untuk mengerjakan tugas melengkapi diagram
5.         Siswa menerima beberapa contoh  penjelasan  verba atau kelompok verba
6.         Siswa menerima penjelasan kata sinonim dan antonim
7.         Siswa menerima penjelasan konjungsi kemudian guru dan siswa bertanya jawab tentang konjungsi
8.         Sisiwa membuat contoh kalimat dengan mengunakan konjungsi
9.         Siswa membuat kalimat simpleks dan kalimat kompleks

55 menit
Penutup
1.         Siswa bersama pendampingan guru membuat jejaring/ networking/ kesimpulan
2.         Siswa mengerjakan tes untuk penilaian penguasaan materi
3.         Siswa mendapat penjelasan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang selanjutnya
4.         Diakhiri dengan salam
20 menit



PERTEMUAN II
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Doa dan Salam
2.      Guru memberikan motivasi
15 menit
Inti
1.      Siswa membaca teks pendek yang berjudul “Sistem Peredaran Darah Manusia”
2.      Siswa mengerjakan  tugas  lanjutan secara tertulis
3.      Guru meminta siswa membaca teks laporan  yang berjudul “Harimau”
4.      Siswa mendapat penjelasan tentang kalimat definisi
5.      Guru menugasi siswa untuk untuk membuat definisi secara tertulis tentang suatu benda
6.      Guru menjelaskan kalimat deskripsi, dan perbedaan dengan kalimat definisi
7.      Siswa mencari contoh kalimat deskripsi
8.      Guru dan siswa berdiskusi tentang  kelompok kata benda
9.      Guru menyuruh siswa membuat kalimat dengan menggunakan kelompok nomina pendeskripsi
55 menit

Penutup

1.      Siswa bersama pendampingan guru membuat jejaring/ networking/ kesimpulan
2.      Siswa mengerjakan tes untuk penilaian penguasaan materi
3.      Siswa mendapat penjelasan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang selanjutnya
4.      Diakhiri dengan salam

20    menit

I.Penilaian Hasil belajar
a.     Teknik Penilaian                            : Tertulis dan Tidak Tertulis
b.    Prosedur Penilaian                        :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif     dalam pembela jaran teks laporan hasil observasi
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan

Struktur teks laporan hasil observasi.

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan

Terampil mengonversi teks laporan hasil observasi

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

J.      Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa
Lampiran-lampiran:
-            Lembar pengamatan sikap
-            Lembar soal






Lampiran 1 Lembar Pengamatan



PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester           : ..............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan      : ...............................................................

1.      Indikator perkembangan sikap religius tanggung jawab, peduli, responsip, dan santun
2.      Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
3.      Mulai Tampak (MT) jika menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
4.      Mulai Berkembang (MB) jika menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
5.      Membudaya (MK) jika menunjukan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menrus dan ajeg atau konsisten

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung Jawab
Peduli
Responsif
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.
2.
3.
4.
5.
...

Keterangan:
5          : Kurang
6          : Sedang
7          : Baik
8          : Sangat Baik












PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMK NEGERI 1 WONOSOBO
Jl. Bayangkara No. 12 Telp. (0286) 321219 Wonosobo 56311
ULANGAN HARIAN
Kelas                                : X
Program keahhlian           : Semua program keahlian
Sifat                                 : Tertutup
Petunjuk Umum!
1.      Bacalah teks laporan ‘Keragaman Hewan’
2.      Kerjakan soal ulangan dengan baik dan teliti!
3.      Kerjakan soal secara individu (tidak diperkenankan bekerja sama)!
4.      Terapkan sifat jujur dan percaya diri!

Teks laporan
Keragaman Hewan
            Alam semesta terdiri atas berbagai keanekaragaman jenis hewan. Keanekaragaman ini mulai dari  yang hidup di laut, di dataran rendah, sampai di pegunungan. Oleh karena itu, di perlukan pengelompokan jenis-jenis terumbu karang dan jenis- jenis hewan agar mudah dipelajari.
            Beberapa hewan dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok. Sebagian hewan merupakan invertebrata  (tidak memiliki tulang belakang) dan hewan lainya termasuk vertebrata (bertulang belakang). Terdapat sekitar 25 filum invertebrata yang meliputi moluska, ekinodermata (bintang laut dan kerabatnya), dan berbagai cacing. Beberapa filum invertebrata sangat kecil yang baru saja ditemukan oleh cycliophora. Filum ini merupakan spesies tunggal sangat kecil, yang hidup di mulut lobster Norwegia. Filum lain seperti moluska mencakup hewan yang beragam , seperti remis, lintah bulan , dan cumi-cumi . kelompok lain yang paling beragam  adalah arthropodo, seperti kepiting, laba-laba dan lipan. Selain itu, ada kelompok terbesar dari semua kelompok hewan yaitu serangga yang memiliki dua juta spesies.
            Sekelompok hewan vertebrata memiliki rangka yang keras dan tulang belakang. Tulang belakang melindungi sumsum tulang punggung, yang menyalurkan sinyal antara kepala dan tubuh. Terdapat lima kelompok utama vertebrata yaitu ikan, ampibi, reptilia, aves, dan mamalia. Selain itu, terdapat keragaman yang menakjubkan dari bentuk dan ukuran vertebrata, misalnya ikan gobi kecil ( pandaka pygmaea) hanya  berukuran 8 mm dan berbobot kurang dari 0,1 gram. Sebaliknya, paus biru dapat mencapai panjang 33 meter dan berbobot hingga 135 ton.
            Vertebrata mencakup tiga kelompok ikan utama yaitu hiu, ikan sirip kipas  (actionpterygil),  dan ikan bersirip cuping/ daging (sarcopterygil). Ikan sirip kipas meliputi kelompok terbesar vertebrata, yaitu ikan bertulang dengan lebih dari  27.000 spesies. Ikan bersirip cuping hanya  mencakup lungfish dan coelacanth . ikan bersirip cuping ini berevolusi menjadi ampfibi, seperti salamander katak, dan kodok.
            Vertebrata jenis lainya adalah reptilia. Reptilia berevolusi dari amfibi. Reptilia memiliki telur bercangkang, kulit yang kuat, dan kedap air. Ciri-ciri tersebut memungkinkan reptilia menjelajah jauh dari air.
            Semua reptilia, amfibi, ikan, dan invertebrata berdarah dingin. Aves berdarah panas dan dapat mempertahankan suhu tubuhnya sendiri. Sekitar 179 tahun yang lalu, aves (burung) berevolusi dari reptilia. Namun, aves bukanlah satu-satunya kelompok hewan berdarah panas yang telah berevolusi dari reptilia . mamalia yang berevousi dari kelompok reptilia lainya, yaitu terapsid. Saat ini terdapat sekitar 5000 spesies mamalia. Dua spesies mamalia , seperti platipus dan echidna bertelur. Akan tetapi, mamalia lainya melahirkan anaknya.
Soal
1.      Buatlah diagram pengklasifikasian jenis hewan berdasarkan teks tersebut!( skor 25)
2.      Carikanlah contoh kalimat kompleks dan simpleks pada teks tersebut!   (skor 25)
3.      Sebagai seorang siswa, apa yang akan anda lakukan dalam melestarikan satwa di Indonesia! (skor 20)
4.      Buatlah sebuah puisi dengan tema “Keindahan Alam”  (skor 30)




 Wonosobo, 1 September 2013
Mahasiswa PPL



Ahmad Hamid
NIM:102110036
Mengetahui guru Pamong



       Siti Comariah, S.Pd
NIP:197409062005012006

0 komentar:

Post a Comment