RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA NEGERI 1 WONOSOBO
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
BAHASA INDONESIA
|
|
Kelas/Kompetensi
Keahlian
|
:
|
X / SEMUA BIDANG KEAHLIAN
|
|
Semester
Materi Pokok
Pertemuan ke
|
:
:
:
|
1
Gemar Meneroka Alam Semesta
5 ( 2 jam@ 45 menit)
|
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
10 jam @ 45 menit
|
A.
Kompetensi inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
4.
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar
3.1.Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1.Menginterpretasi makna teks anekdotbaik secara lisan maupun tulisan
3.2.Membandingkan teks anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks anekdot baik secara
lisan maupun tulisan
3.3.Menganalisis teks anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
4.3.Menyunting
teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
3.4.Mengidentifikasi teks anekdot secara
lisan maupun tulisan
4.4.Mengabstraksi teks anekdot baik secara
lisan maupun tulisan
3.5.Mengevaluasi teks anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
4.5.Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Menentukan
ciri-ciri teks laporan hasil observasi baik melalui lisan dan tulisan.
2.
Mengidentifikasi
struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi baik secara lisan maupun
tulisan.
3.
Menafsirkan
isi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan dengan tepat.
D.Tujuan
1.
Setelah
membaca contoh teks laporan hasil observasi dan mendiskusikannya, siswa dapat
menentukan ciri-ciri teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun
tulisan.
2.
Setelah
berdiskusi dan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi struktur kebahasaan pada
laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
3.
Setelah
mengidentifikasi struktur kebahasaan pada laporan hasil observasi, siswa dapat
menafsirkan isi laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
E.Materi Pembelajaran
1.
Puisi ”Burung-Burung
Enggan Bernyanyi Lagi”
2.
Teks ”Makhluk di Bumi Ini”
3.
Sinonim dan antonim
4.
Perubahan jenis kata
5.
Konjungsi
6.
Kompleksitas kalimat
7.
Teks ” Sistem Peredaran
Darah Manusia”
8.
Teks ” Harimau”
9.
Teks ”Karbon”
10.
Teks ” Komodo”
F.Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran dengan
pendekatan scientific dengan model pembelajaran discovery learning (penemuan).
G.Media Pembelajaran dan Sumber Belajar Siswa
1. LCD Proyektor
2. Slide Presentasi
3.
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
4.
Kamus
Besar Bahasa Indonesia
H.KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
I
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Doa dan Salam
2.
Guru memberikan motivasi
|
15 menit
|
Inti
|
1.
Siswa membaca puisi
yang berjudul “Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi”
2.
Siswa menjawab 6
pertanyaan secara lisan berkaitan dengan teks “ Makhluk di Bumi Ini”
3.
Siswa membaca dan
memahami teks laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”
4.
Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa pada tiap kelompok, untuk mengerjakan tugas melengkapi diagram
5.
Siswa menerima beberapa contoh penjelasan verba atau kelompok
verba
6.
Siswa menerima
penjelasan kata sinonim dan antonim
7.
Siswa menerima
penjelasan konjungsi kemudian guru dan siswa bertanya jawab tentang konjungsi
8.
Sisiwa membuat contoh
kalimat dengan mengunakan konjungsi
9.
Siswa membuat kalimat
simpleks dan kalimat kompleks
|
55 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama pendampingan guru membuat jejaring/ networking/ kesimpulan
2.
Siswa mengerjakan tes untuk penilaian penguasaan materi
3.
Siswa mendapat penjelasan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang
selanjutnya
4.
Diakhiri dengan salam
|
20 menit
|
PERTEMUAN
II
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Doa dan Salam
2. Guru memberikan motivasi
|
15 menit
|
Inti
|
1. Siswa membaca teks pendek yang berjudul “Sistem
Peredaran Darah Manusia”
2. Siswa mengerjakan
tugas lanjutan secara tertulis
3. Guru meminta siswa membaca teks laporan yang berjudul “Harimau”
4. Siswa mendapat penjelasan tentang kalimat definisi
5. Guru menugasi siswa untuk untuk membuat definisi
secara tertulis tentang suatu benda
6. Guru menjelaskan kalimat deskripsi, dan perbedaan
dengan kalimat definisi
7. Siswa mencari contoh kalimat deskripsi
8. Guru dan siswa berdiskusi tentang kelompok kata benda
9. Guru menyuruh siswa membuat kalimat dengan
menggunakan kelompok nomina pendeskripsi
|
55 menit
|
Penutup
|
1. Siswa bersama pendampingan guru
membuat jejaring/ networking/ kesimpulan
2. Siswa mengerjakan tes untuk
penilaian penguasaan materi
3. Siswa mendapat penjelasan
materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang selanjutnya
4. Diakhiri dengan salam
|
20 menit
|
I.Penilaian Hasil belajar
a. Teknik Penilaian : Tertulis dan Tidak Tertulis
b. Prosedur Penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembela jaran teks laporan hasil observasi
b.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Struktur teks laporan hasil observasi.
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil mengonversi teks laporan hasil
observasi
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
J.
Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa
Lampiran-lampiran:
-
Lembar pengamatan sikap
-
Lembar soal
Lampiran 1
Lembar Pengamatan
PENGAMATAN
SIKAP
Mata
Pelajaran
: ...............................................................
Kelas/
Semester :
..............................................................
Tahun
Ajaran
: ...............................................................
Waktu
pengamatan :
...............................................................
1. Indikator
perkembangan sikap religius tanggung jawab, peduli, responsip, dan santun
2. Belum
Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas
3. Mulai
Tampak (MT) jika menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
4. Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
5. Membudaya
(MK) jika menunjukan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
secara terus-menrus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan
tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan:
5 :
Kurang
6 :
Sedang
7 :
Baik
8 :
Sangat Baik
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMK
NEGERI 1 WONOSOBO
Jl.
Bayangkara No. 12 Telp. (0286) 321219 Wonosobo 56311
ULANGAN
HARIAN
Kelas : X
Program
keahhlian : Semua program
keahlian
Sifat : Tertutup
Petunjuk
Umum!
1.
Bacalah teks laporan ‘Keragaman Hewan’
2.
Kerjakan soal ulangan dengan baik dan teliti!
3.
Kerjakan soal secara individu (tidak diperkenankan
bekerja sama)!
4.
Terapkan sifat jujur dan percaya diri!
Teks laporan
Keragaman
Hewan
Alam
semesta terdiri atas berbagai keanekaragaman jenis hewan. Keanekaragaman ini
mulai dari yang hidup di laut, di
dataran rendah, sampai di pegunungan. Oleh karena itu, di perlukan
pengelompokan jenis-jenis terumbu karang dan jenis- jenis hewan agar mudah
dipelajari.
Beberapa
hewan dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok. Sebagian hewan merupakan invertebrata (tidak memiliki tulang belakang) dan
hewan lainya termasuk vertebrata (bertulang belakang). Terdapat
sekitar 25 filum invertebrata yang meliputi moluska, ekinodermata (bintang laut
dan kerabatnya), dan berbagai cacing. Beberapa filum invertebrata sangat kecil
yang baru saja ditemukan oleh cycliophora. Filum ini merupakan spesies tunggal
sangat kecil, yang hidup di mulut lobster Norwegia. Filum lain seperti moluska
mencakup hewan yang beragam , seperti remis, lintah bulan , dan cumi-cumi .
kelompok lain yang paling beragam adalah
arthropodo, seperti kepiting, laba-laba dan lipan. Selain itu, ada kelompok
terbesar dari semua kelompok hewan yaitu serangga yang memiliki dua juta
spesies.
Sekelompok
hewan vertebrata memiliki rangka yang keras dan tulang belakang. Tulang
belakang melindungi sumsum tulang punggung, yang menyalurkan sinyal antara
kepala dan tubuh. Terdapat lima kelompok utama vertebrata yaitu ikan, ampibi,
reptilia, aves, dan mamalia. Selain itu, terdapat keragaman yang menakjubkan
dari bentuk dan ukuran vertebrata, misalnya ikan gobi kecil ( pandaka pygmaea)
hanya berukuran 8 mm dan berbobot kurang
dari 0,1 gram. Sebaliknya, paus biru dapat mencapai panjang 33 meter dan
berbobot hingga 135 ton.
Vertebrata
mencakup tiga kelompok ikan utama yaitu hiu, ikan sirip kipas (actionpterygil), dan ikan bersirip cuping/ daging
(sarcopterygil). Ikan sirip kipas meliputi kelompok terbesar vertebrata, yaitu
ikan bertulang dengan lebih dari 27.000
spesies. Ikan bersirip cuping hanya
mencakup lungfish dan coelacanth . ikan bersirip cuping ini berevolusi
menjadi ampfibi, seperti salamander katak, dan kodok.
Vertebrata
jenis lainya adalah reptilia. Reptilia berevolusi dari amfibi. Reptilia
memiliki telur bercangkang, kulit yang kuat, dan kedap air. Ciri-ciri tersebut
memungkinkan reptilia menjelajah jauh dari air.
Semua
reptilia, amfibi, ikan, dan invertebrata berdarah dingin. Aves berdarah panas
dan dapat mempertahankan suhu tubuhnya sendiri. Sekitar 179 tahun yang lalu,
aves (burung) berevolusi dari reptilia. Namun, aves bukanlah satu-satunya
kelompok hewan berdarah panas yang telah berevolusi dari reptilia . mamalia
yang berevousi dari kelompok reptilia lainya, yaitu terapsid. Saat ini terdapat
sekitar 5000 spesies mamalia. Dua spesies mamalia , seperti platipus dan
echidna bertelur. Akan tetapi, mamalia lainya melahirkan anaknya.
Soal
1.
Buatlah diagram pengklasifikasian jenis hewan
berdasarkan teks tersebut!( skor 25)
2.
Carikanlah contoh kalimat kompleks dan simpleks
pada teks tersebut! (skor 25)
3.
Sebagai seorang siswa, apa yang akan anda
lakukan dalam melestarikan satwa di Indonesia! (skor 20)
4.
Buatlah sebuah puisi dengan tema “Keindahan
Alam” (skor 30)
Wonosobo, 1 September 2013
|
|||
Mahasiswa PPL
NIM:102110036
|
Mengetahui guru Pamong
NIP:197409062005012006
|
0 komentar:
Post a Comment