Friday, June 27, 2014

Pelajar dan Mahasiswa Dilatih Jurnalistik

BEM STAIAN Purworejo

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi (STAIAN) menggelar Pelatihan Jurnalistik, Selasa (5/11) di Auditorium Kampus tersebut, Jalan Ringroad Utara Km 4 Berjan Gebang Purworejo. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa dan undangan dari perwakilan SMA yang berada dilingkungan kampus. Musthofa Mansur selaku Ketua Panitia mengatakan, pelatihan jurnalistik yang bertajuk Optimalisasi Tulisan Sebagai Sihir Peradaban ini dimaksudkan untuk menggugah semangat para peserta akan pentingnya sebuah tulisan. Menurutnya, banyak sekali tulisan-tulisan yang mampu membuat merubah sebuah tatanan sejarah peradaban dunia. “Sesuai dengan tema pelatihan ini, kami berharap agar kesadaran untuk menulis bagi para pelajar dan mahasiswa bisa terpupuk. Tentu dengan bekal yang ketrampilan menulis yang disampaikan oleh para narasumber, mereka tidak hanya termotivasi namun juga mendapatkan pegetahuan cara menulis yang baik dan benar,”terangnya.

Musthofa menambahkan, pada kegiatan ini para peserta diberi materi tentang bagaimana cara membuat blog, dasar-dasar ilmu jurnalistik serta diskusi menulis itu mudah. Menurutnya, seluruh narasumber yang diundang merupakan orang-orang yang berkompeten dalam bidang tersebut. Selain itu, para peserta tidak hanya diberikan materi, namun mereka
juga dituntut untuk praktek pada session diskusi menulis itu mudah. “Target kami, selepas dari pelatihan ini mereka dapat mengekspresikan karya mereka dalam bentuk tulisan. Baik dalam bentuk manual seperti di buku-buku tulis maupun melalui media digital seperti blog maupun media online yang lainnya,”terangnya.
Sementara itu, salah satu peserta Ratri Nawangsih (19) mengaku dalam pelatihan ini ia mendapatkan pelajaran yang selama ini belum pernah ia dapatkan sebelumnya. Ia mengaku sering menulis, namun baru asal-asalan.“Banyak pelajaran baru yang didapat dari pelatihan ini. Selain itu, juga saya menjadi semakin termotivasi untuk belajar menjadi penulis yang baik. Syukur bisa menghasilkan karya, layaknya penulis-penulis hebat,”tandasnya.

0 komentar:

Post a Comment